10 Tips Akun Facebook Kebal Dari H4cker!

Ini Berdasarkan Pengalaman Saya Sendiri.

Karena Jujur Saja, Sudah Dari SD Sampai Sekarang Ini Saya Terjun Ke Dunia Maya Dan Belum Ada Satupun Akun Media Sosial Atau Email Saya Yang Berhasil Diretas Atau Dibobol.


Dijaman Sekarang Ini Sangatlah Banyak Akun Facebook Yang Menjadi Target Dari H4cker, Terutama Untuk Akun Facebook Yang Tertaut Dengan Game Seperti Mobile Legends, Free Fire, Pubg, Dan Lain-Lain. Oleh Karena Itu, Sangatlah Penting Untuk Mengamankan Akun Facebook Anda.

10 TIPS MENGAMANKAN AKUN FACEBOOK

Disini, Saya MengurutkanNya Dari Yang Paling Penting.

Langsung Saja Simak 10 Tips Berikut Ini!

Waspada Rekayasa Sosial (Social Engineering)

Teknik Ini Biasanya Dilakukan Peretas Untuk Meretas Akun-Akun Penting Atau Si Peretas Mempunyai Dendam Kepada Target. Peretas Akan Membuat Serangan Memanipulasi Psikologis Bermodalkan Mengetahui Data Yang Pernah Anda Bagikan Ke Publik Untuk Mendapatkan Informasi Sensitif Berupa Kata Sandi Akun Anda, Dan Sebagian Peretas Yang Menggunakan Teknik Ini Akan Menyamar Menjadi Pihak Dari Facebook.

Biasanya Teknik Ini Dilakukan Peretas Melalui Email, Messenger Atau Situs.

Jadi Perlu Diingat Bahwa Pihak Facebook Tidak Pernah Meminta Informasi Sensitif Akun Anda Berupa Kata Sandi. Biasanya Pihak Facebook Hanya Akan Meminta Data Berupa Akun Pemulihan Yang Pernah Anda Tambahkan Atau Tanggal Lahir Anda Dan Lain Sebagainya.

Pengelola Sandi Akun Google

Pernahkah Kamu Mendapatkan Notif Dari Akun Google Untuk Menyimpan Kata Sandi Saat Berhasil Login Ke Akun Facebook?

Mungkin Hal Ini Terlihat Sepele. Tapi Jika Akun Google Anda Dibobol, Maka Akibatnya Bukan Hanya Akun Facebook Yang Kena, Bahkan Semua Info Login Valid Yang Pernah Anda Simpan Ke Akun Google, Dapat Dilihat Oleh Si Pembobol Akun Anda, Juga Bisa Dengan Mudah Dia MengaksesNya Dan Mengganti Info Login Berupa Password Dan Info Lainnya. Cara Alternatif Untuk Menyimpan Kata Sandi Lebih Aman, Bisa Ditulis Di Buku Catatan Saja.

Jadi Saran Saya Agar Anda Menolak Saja Notif Ini. Lalu Bagaimana Jika Sudah Terlanjur Terima? Tenang, Karena Anda Masih Bisa MenghapusNya Dengan Mudah. Caranya? Login Ke Akun Google Anda > Klik Tab Keamanan > Scroll Kebawah > Pada "Login ke situs lain", Klik Pengelola Sandi > Pilih Info Login Yang Ingin Dihapus (Biasanya Akan Diminta Verifikasi Terlebih Dahulu) > Dan Tinggal Di Hapus Deh.

:: Untuk Mengamankan Akun Google Juga Nanti Akan Saya Bahas ::

Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor (A2F)


Cara Ini Sangat Ampuh Untuk Melindungi Akun Kita Dari H4cker. Karena Walaupun H4cker Sudah Mendapatkan Kata Sandi Akun Facebook Kita, Mereka Harus Melewati Tahap Verifikasi A2F Ini.

Cara MengaktifkanNya Sangat Mudah. Bagaimana Caranya? Login Ke Akun Facebook Anda, Terus Pilih Menu 'Pengaturan' > Keamanan & Login > Gunakan Autentikasi dua-faktor. Disitu Anda Bisa Memilih Untuk VerifikasiNya. Bisa Melalui Aplikasi Atau Sms Atau KeduaNya Dan Tinggal Ikuti InstruksiNya Sampai Selesai.

Nanti Juga Akan Mendapatkan Kode Pemulihan Setelah Mengaktifkan A2F Ini, Guna Untuk Memulihkan Ketika Akun Anda Kehilangan Aplikasi Atau Nomor Yang Digunakan Untuk Verifikasi A2F.

Gunakan Kata Sandi Yang Berbeda-Beda


Apakah Anda Pernah Daftar Ke Situs Lain Tapi Menggunakan Kata Sandi Yang Sama Dengan Akun Facebook Anda? Hal Ini Memang Tidak Masalah Jika Keamanan Situs Tersebut Terpercaya. Tapi Jika Suatu Saat Database Situs Tersebut Dibobol Oleh Peretas, Maka Peretas Tersebut Bisa Melihat Kata Sandi Yang Pernah Anda Masukkan Ke Situs Tersebut, Dan Dari Situ Mereka Bisa Meretas Akun Facebook Anda Yang Memiliki Kata Sandi Yang Sama Dengan Kata Sandi Di Situs Tersebut.

Jadi Saran Saya Agar Menggunakan Kata Sandi Yang Berbeda-Beda, Tapi Jangan Sampai Lupa.

Jangan Gunakan Kata Sandi Yang Ada KaitanNya Dengan Identitas Publik


Apakah Anda Pernah Menggunakan Kata Sandi Dengan Kombinasi Yang Berhubungan Dengan Identitas Publik Akun Facebook Anda?

Tentu Saja Kata Sandi Ini Sangat Mudah Ditebak, Karena Sebagian H4cker Meretas Akun Facebook Dengan Proses Menganalisa Informasi Publik Akun Facebook Kita Terlebih Dahulu. Dan Jika Anda Menggunakan Kombinasi Kata Sandi Dengan Nama Dan Tanggal Lahir, Maka Akan Sangat Mudah Diretas.

Jadi Saya Sarankan Agar Kalian Menggunakan Kata Sandi Yang Rumit Dengan Menambahkan Huruf, Angka, Dan Simbol. Dan Jangan Menggunakan Kombinasi Kata Sandi Dengan Nama, Tanggal Lahir, Tempat Tinggal, Nomor Telp, Dan Lainnya Yang Berhubungan Dengan Identitas Publik Akun Facebook Anda.

Menggunakan Kata Sandi Yang Rumit

Tips Ke Enam Ini Tidak Berbeda Jauh Dengan Tips Sebelumnya.

Untuk TipsNya, Anda Jangan Menggunakan Kombinasi Angka Dari 1-5 Atau Angka Yang Berurut Sebagai Kata Sandi, Karena Kebanyakan Akun Yang Diretas Menggunakan Kata Sandi Dari Kombinasi Angka Tersebut.

Menambahkan Email Dan Nomor Pemulihan


Ada Baiknya Jika Anda Menambahkan Email Atau Nomor Pemulihan. Hal Ini Guna Untuk Memulihkan Akun Anda Ketika Suatu Saat Nanti Anda Lupa Password.

Cara Ini Tidak Terlalu Ampuh Untuk Melindungi Akun Dari H4cker, Karena Jika Mereka Berhasil Meretas Akun Pemulihan Tersebut, Maka Mereka Bisa Meretas Akun Facebook Anda. Atau Jika Mereka Membobol Akun Anda, Maka Mereka Bisa Mengubah Nomor Atau Email Pemulihan Akun Anda Dengan Mudah. Jadi Sangat Penting Juga Untuk Mengamankan Akun Pemulihan Anda.

Mungkin Kalau Nomor Telepon Tidak Mudah Dibobol, Tapi Kalau Email Bisa-Bisa Saja Jika Keamanannya Lemah.

Memantau Tempat Anda Login


Anda Harus Mengecek Perangkat-Perangkat Yang Login Ke Akun Facebook Anda. Bisa Saja Ada Peretas Yang Diam-Diam Sudah Memasuki Akun Facebook Anda.

Untuk Caranya Sangat Mudah. Anda Hanya Perlu Login Ke Akun Facebook Anda > Pilih Menu Pengaturan > Pada Keamanan Pilih "Keamanan dan Login". Lalu Akan Muncul "TEMPAT ANDA LOGIN" Dan Anda Bisa Klik "Lihat Lainnya". Jika Ada Login Yang Tidak Dikenal, Anda Bisa MenghapusNya Dan Segera Mengamankan Akun Anda.

Jangan Sembarang Membagikan Info Login


Pernahkah Anda Membagikan Info Login Akun Facebook Ke Orang Terdekat? Mungkin Pernah Ya Kalau Anda Sedang Ingin Membuka Akun Facebook Tapi Tidak Membawa Hp, Atau Habis Battery Atau Bahkan MembagikanNya Kepada Pasangan Sendiri.

Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Akun Anda Diretas, Karena Bisa Saja Info Login Anda Sudah Tersimpan Di Akun Google Mereka Atau Bisa Saja Orang Tersebut Mempunyai Niat Jahat Dengan Menggunakan Keyloger, Atau Jika Suatu Ketika Ada Yang Mengirim Virus Ke Perangkat Tersebut‏, Si Peretas Bisa Mengetahui Data Sensitif Di Dalam Perangkat Tersebut. 

Jadi Saran Saya Agar Tidak Membagikan Info Login Walaupun Ke Orang Terdekat Anda.

Waspada Phising


Sengaja Saya Taruh Di Akhir Karena Saya Yakin Dari Kalian Sudah Bisa Membedakan Link Phising, Juga Teknik Ini Sudah Basi Digunakan Peretas Di Jaman Sekarang.

Biasanya Di Dalam Link Phising Tersebut Mengiming-Imingi Sesuatu Yang Gratis. Dan Sebelum Mendapatkannya, Mereka Akan Meminta Informasi Sensitif Anda Berupa Kata Sandi Dan Email.

Jadi Perlu Anda Mencari Tau Sumber Dari Link Tersebut Atau Akun Anda Akan Terjebak Dalam Link Phising.

INFO TAMBAHAN

Perlu Diingat Bahwa Sebelum Anda Membuat Akun Facebook. Disitu Mereka Sudah Menyarankan Beberapa Pilihan Agar Akun Tidak Mudah Diretas, Namun Sebagian Orang Meremehkan Hal Ini.

Beberapa Saran Keamanan Yang Diberikan Oleh Facebook Adalah :

  • Menggunakan Password Lebih Dari 6 Karakter
  • Menambahkan Email Atau Nomor Pemulihan
  • Mengaktifkan Authentication 2 Factor
  • Menggunakan Kata Sandi Yang Kuat

Sekian ~

Maafkan Jika Ada Kesalahan, Karena Saya Masih Belajar Memposting Di Blog Dan Ini Adalah Postingan Pertama Kalinya Di Blog Ini.

Sebagian Besar Dari Tips Di Atas Juga Bisa Anda Gunakan Untuk Mengamankan Akun Anda Yang Lain Berupa Instagram, Gmail, Twitter, Dan Lain Sebagainya.


Semoga Bermanfaat!

Prinsley