Cara Menghindari Link Tipuan Seperti Kuota Gratis & Pemenang Giveaway

www.prinsh.com - Seiring Dengan Perkembangan Zaman, Khususnya Di Dunia Maya. Banyak Orang Yang Mendapatkan Pesan Tipuan Dengan Modus Meng Iming-Imingi Keuntungan Yang Besar Agar Targetnya Gampang Tergiur Dan Bisa Saja Tertipu.

Penipu Online Atau Scammers Akan Mencantumkan Link Atau Nomor Teleponnya, Mereka Mengirimkannya Melalui SMS, WhatsApp Dan Sebagainya. Biasanya Modus Penipu Adalah Akan Meng Iming-Imingi Anda Sebuah Hadiah/Tawaran Menarik Berupa Kuota Gratis, Pemenang Giveaway, Dana Bantuan, Dan Sebagainya.

Contoh Pesan Tipuan Di SMS & WhatsApp

Dan Disini Saya Akan Berbagi Cara Untuk Mengetahui Apakah Pesan Yang Anda Dapatkan Adalah Tipuan Atau Tidak, Dan Apakah Anda Sedang Ditipu Atau Tidak.

Simak Pembahasannya Berikut Ini!

1. Googling Pesan Yang Dicurigai

Cara Paling Sederhana Untuk Mengetahui Apakah Pesan Yang Anda Terima Adalah Asli Atau Tipuan Yaitu Dengan Cara Menyalin Semua Isi Pesan Tersebut Kemudian Menempelkannya Pada Mesin Pencarian Google, Kemudian Cari Dan Lihat Hasilnya.

Jika Anda Melihat Artikel-Artikel Yang Membahas Tentang Penipuan, Maka Bisa Dipastikan 100% Pesan Yang Anda Terima Adalah Palsu/Tipuan.

2. Mengenali Ekstensi Domain Yang Digunakan

Banyak Orang Yang Tidak Memperhatikan Ekstensi Domain Atau Bahkan Tidak Mengetahui Fungsinya, Padahal Sangat Penting Untuk Mengetahuinya Apalagi Di Jaman Sekarang Ini.

Contoh Ekstensi Domain Yang Ada Yaitu : .com, .net, .org, .id, .go.id Dan Sebagainya.

Untuk Mendaftar Ke Sebagian Nama Domain, Ada Yang Memerlukan Persyaratan Khusus, Ada Yang Cukup Dibayar Saja, Dan Bahkan Ada Yang Gratis. Tentu Penipu Online Tidak Akan Menggunakan Ekstensi Domain Yang Memiliki Persyaratan Khusus. Beberapa Ekstensi Domain Populer Di Indonesia Yang Memiliki Persyaratan Khusus Yaitu :

  • go.id
  • co.id
  • ac.id
  • sch.id

Lalu Jika Situs Web Yang Anda Kunjungi, Yang Meng Iming-Imingi Hadiah Menarik Diluar Dari Ekstensi Domain Yang Memiliki Persyaratan Khusus Dan Juga Halaman Situs Webnya Tidak Jelas, Apalagi Meminta Anda Untuk Membagikan Link Tersebut, Maka Bisa Dipastikan Itu Adalah Link Tipuan.

Contoh Tampilan Halaman Tipuan

Gambar Diatas Memperlihatkan Situs Yang Menggunakan Ekstensi Domain .online, Atau Ekstensi Domain Yang Bisa Didapatkan Hanya Dengan Cukup Membayarnya Saja Dan Tanpa Diminta Persyaratan Apapun.

3. Menggunakan Aplikasi Get Contact

Beda Lagi Jika Penipunya Meminta Anda Untuk Menghubungi Mereka Melalui Nomor Telepon Yang Mereka Berikan Atau Tiba-Tiba Ada Nomor Telepon Tidak Dikenal Menghubungi, Anda Bisa Memanfaatkan Aplikasi Get Contact.

Fungsi Dari Aplikasi Get Contact Sendiri Adalah Untuk Mendeteksi Informasi Nomor Yang Tidak Dikenal Dengan Menampilkan Nama Atau Data Lain Yang Berhubungan Dengan Nomor Tersebut. Aplikasi Ini Bisa Didownload Gratis Di Playstore/App Store.

4. Kenali Modus Penipuan WhatsApp

WhatsApp Merupakan Aplikasi Chatting Paling Populer Di Dunia. Saking Pupolernya, Sampai Tidak Sedikit Pengguna WhatsApp Menjadi Target Kejahatan. Penipu Akan Mengelabui Target Untuk Membajak WhatsApp Menggunakan Teknik Social Engineering (Rekayasa Sosial).

Penipu Akan Meminta Target Untuk Mengirimkan Kode Verifikasi WhatsApp Dengan Cara Yang Halus (Social Engineering) Dan Bisa Saja Target Terbodohi.

Contoh SMS Kode Verifikasi WA (Privasi)

Jika Targetnya Mengirimkan Kode Verifikasi WhatsApp Tersebut Kepada Penipu, Maka Si Penipu Sudah Berhak Mengakses Penuh Akun WhatsApp Dari Korban. Penipu Akan Memanfaatkan Akun WhatsApp Korban Untuk Digunakan Menipu Teman Terdekat Yang Ada Di Kontak Korban.

Bisa Saja Temannya Itu Percaya Saja Karena Dikira Pemilik Asli Yang Menggunakan WhatsApp Nya, Padahal Sudah Digunakan Oleh Penipu.

#PENUTUP

Akhir Kata Saya Ingatkan Untuk Jangan Gampang Tergiur Dengan Tawaran Menarik Walaupun Dari Pihak Resmi, Ada Bagusnya Untuk Mencari Tau Informasinya Terlebih Dahulu Sebelum Bertindak.

Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat, Salam Dari Saya Nathan Prinsley.

Terima Kasih.