10+ Tips Mengamankan Akun Media Sosial & Email, Dijamin Ampuh!

12 tips untuk mengamankan akun media sosial dan email agar tidak mudah dibobol.

10+ Tips Mengamankan Akun Media Sosial & Email, Dijamin Ampuh!

Penting untuk mengamankan akun media sosial atau email anda karena maraknya hacker media sosial dan email. Jadi, sangat penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi kepada akun anda.

Biasanya akun yang sering kena hack adalah akun yang keamanan nya lemah, mulai dari password mudah ditebak, sembarang login, hingga tanpa disadari anda telah membagikan password anda.

Yuk, Simak tips nya berikut ini!

10 Tips Mengamankan Akun Media Sosial & Email

Berikut ini tips untuk mengamankan akun media sosial atau email agar tidak mudah dibobol oleh hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.
  1. Waspada Social Engineering (Rekayasa Sosial)

    Untuk anda yang belum tau metode hacker yang paling berbahaya ini, jadi singkatnya Social Engineering adalah sebuah cara untuk Mengelabui/Memanipulasi korban agar bisa mendapatkan informasi data-data pribadi atau akses yang diinginkan dengan cara memanipulasi si korban dengan halus dan berujung meminta data pribadi anda tanpa disadari.

    Perlu diingat bahwa jarang sekali ada pihak akun medsos atau email yang meminta password anda, jadi jika ada yang meminta password anda dan mengaku sebagai customer service atau pihak bersangkutan, maka bisa dipastikan dia sedang mencoba mengambil alih akun anda menggunakan metode Social Engineering.

  2. Pengelola Sandi Akun Google

    Saat berhasil login ke akun, terkadang ada notif dari akun google untuk menyimpan kata sandi atau tidak.

    Mungkin hal ini terlihat sepeleh, tapi jika akun Google anda dibobol, maka akibatnya semua info login valid yang pernah anda simpan ke akun Google, dapat dilihat oleh si pembobol akun anda, juga bisa dengan mudah dia mengaksesnya dan mengganti info login berupa password.

    Cara alternatif untuk menyimpan kata sandi lebih aman, bisa ditulis di buku catatan saja.

  3. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (A2F)

    Cara ini sangat ampuh untuk melindungi akun anda dari hacker, karena ketika hacker berhasil mendapatkan email dan password akun, maka mereka masih perlu melewati tahap A2F agar bisa masuk ke akun anda.

    Biasanya verifikasi ini dilakukan melalui SMS atau Aplikasi.

  4. Password Medsos Dan Email Berbeda

    Jika suatu saat medsos atau email diambil alih oleh orang lain tanpa ijin, maka anda masih bisa memulihkannya dengan mudah melalu konfirmasi email.

    Tapi jika password medsos sama dengan password email, maka hacker dengan mudah menguasai keduanya dan memperkecil peluang anda untuk mengambil alih kembali.

  5. Hindari Password Yang Ada Kaitannya Dengan Identitas Umum

    Tentu saja password ini sangat mudah ditebak, karena kebanyakan hacker meretas akun dengan proses menganalisa informasi umum akun target terlebih dahulu. 

    Dan jika akun anda menggunakan kombinasi password dengan nama atau tanggal lahir, maka akan sangat mudah diambil alih oleh hacker.

  6. Gunakan Password Yang Rumit

    Password jangan menggunakan kombinasi angka dari yang berurut, karena kebanyakan akun yang dihack adalah akun yang menggunakan password dengan kombinasi angka berurut, atau password yang mudah ditebak.
  7. Menambahkan Email Dan Nomor Pemulihan

    Ada baiknya jika anda menambahkan email atau nomor pemulihan. Hal ini guna untuk memulihkan akun anda ketika suatu saat nanti anda lupa password.

    Cara ini tidak terlalu ampuh untuk melindungi akun dari hacker, karena jika mereka berhasil meretas akun pemulihan, maka mereka bisa meretas akun yang terhubung dengan akun pemulihan, atau jika hacker membobol akun anda, maka mereka bisa mengubah nomor atau email pemulihan akun anda.

    Jadi sangat penting juga untuk mengamankan email atau nomor pemulihan.

  8. Memantau Aktivitas Login

    Anda juga harus rutin memantau aktivitas login di dalam akun anda, karena bisa saja ada peretas yang diam-diam sudah mengakses akun anda.

    Jika terdapat aktivitas login yang mencurigakan, segeralah ganti password akun anda dan lakukan logout ke semua perangkat.

  9. Jangan Sembarang Membagikan Info Login

    Sekali anda membagikan info login, maka dampaknya sangat buruk di kemudian hari terhadap semua akun anda.

    Oleh karena itu ada baiknya untuk tetap menjaga info login akun anda berupa email & password agar tidak bocor atau diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sekalipun orang terdekat, karena itu adalah privasi anda.

  10. Ganti Password Secara Berkala

    Ada bagusnya jika anda mengganti password yang sudah bertahun-tahun tidak diganti, apalagi sudah banyak teman atau orang terdekat yang mengetahui password anda. Satu teman atau orang terdekat yang mengetahui password anda, maka suatu saat itu bisa membawah bahaya terhadap akun anda.

    Jadi, sering-sering lah mengganti password untuk memperkecil peluang akun anda diambil alih.

  11. Waspada Phising

    Saya yakin anda sudah bisa membedakan link phising dan link resmi. Tapi ada bagusnya untuk lebih teliti lagi, karena masih banyak orang yang terjebak dengan link phising.

    Biasanya tampilan halaman link phising sedikit berbeda dengan link resmi, dan ketika anda mencoba mengarang data yang diminta, maka tidak akan terjadi error.

    Jadi sangat penting untuk mencari tau sumber dari link yang meminta anda memasukkan data privasi anda berupa nama, password atau email.

  12. Beberapa Saran Keamanan Dari Google

    Beberapa saran keamanan yang diberikan Google untuk mencegah akun diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
    • Lakukan pemeriksaan keamanan
    • Update software anda
    • Gunakan sandi yang unik dan kuat
    • Hapus aplikasi & ekstensi browser yang tidak diperlukan lagi
    • Lindungi akun terhadap pesan & konten yang mencurigakan