10 Tips Mata Tetap Aman Walaupun Depan Gadget Seharian

Kesehatan mata itu sangat penting, terutama jika anda sering di depan layar seharian.

10 Tips Mata Tetap Aman Walaupun Depan Gadget Seharian

Banyak orang telah bergantung pada Gadget atau Ponsel untuk menemani aktivitas kesehariannya.

Namun banyak orang juga melupakan resiko menggunakan Gadget untuk kesehatannya, terutama bagi Kesehatan Mata.

Maka perlu anda ketahui cara untuk menjaga kesehatan mata agar tetap aman walaupun menatap Gadget atau Komputer hingga berjam-jam.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata bagi pengguna Gadget, Ponsel dan Komputer agar mata tetap aman.

1. Hindari Menggunakan Gadget Sambil Tiduran

Hindari Menggunakan Gadget Sambil Tiduran

Posisi menggunakan Gadget yang satu ini memang sangat nyaman, hanya saja memiliki Resiko buruk terhadap penglihatan Mata.

Perlu anda ketahui, menggunakan Gadget atau Ponsel sambil Tiduran ini dapat merusak penglihatan mata anda lebih cepat, apalagi dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan yang kurang.

2. Jangan Menggunakan Gadget Di Ruangan Yang Gelap

Jangan Menggunakan Gadget Di Ruangan Yang Gelap

Selain bisa merusak penglihatan mata dengan cepat, penggunaan Gadget atau Komputer di tempat yang gelap juga memiliki resiko tinggi terkait Depresi.

Hal ini terjadi karena hormon melatonin yang terganggu akan mengacaukan jam tidur. Ini bisa mempengaruhi bagian otak yang berfungsi mengatur emosi serta tingkat kecemasan.

3. Atur Kecerahan Layar Yang Sesuai

Atur Kecerahan Layar Yang Sesuai

Pastikan kecerahan layar Gadget anda sesuai dengan kondisi pencahayaan yang ada. Aturlah kecerahan yang tepat sesuai kenyamanan mata anda, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap.

4. Aktifkan Fitur Mode Baca

Aktifkan Fitur Mode Baca

Fitur mode baca bukan hanya baik digunakan untuk membaca saja, tapi fitur Mode Baca juga baik untuk kesehatan mata, karena fitur ini akan menyesuaikan cahaya dan warna layar untuk mata kita agar lebih nyaman. Fitur ini juga bisa mengurangi radiasi yang akan masuk ke mata.

5. Jaga Jarak Pandang

Jaga Jarak Pandang

Jarak pandang mata dengan gadget, idealnya 30-40 cm. sesuaikan dengan kenyamanan anda, jangan terlalu jauh dan jangan terlalu dekat.

6. Gunakan Tempered Glass Anti Radiasi

Gunakan Tempered Glass Anti Radiasi

Selain untuk melindungi layar Ponsel, anti gores atau tempered glass anti radiasi ini juga dapat melindungi mata dari blue light (cahaya biru) yang ada di layar ponsel Anda.

7. Mengedipkan Mata

Seringlah Mengedipkan Mata

Sering-seringlah mengedipkan Mata, karena Saat Anda fokus berkonsentrasi pada Ponsel, kedipan mata akan lebih jarang. Hal ini dapat menyebabkan air mata di permukaan mata akan mengering sehingga membuat iritasi, mata merah, perih dan penglihatan akan terganggu.

8. Istirahatkan Mata Sejenak

Istirahatkan Mata Sejenak

Ketika anda merasa sudah lama menatap layar Ponsel, maka anda perlu mengistirahatkan mata sejenak tanpa melihat Gadget. Anda dapat mencoba mengistirahatkan mata dengan cara melihat Pohon atau Dedaunan yang berwarna Hijau segar diluar Rumah.

9. Jangan Memaksakan Mata

Jangan Memaksakan Mata

Hindari memaksakan mata menggunakan Gadget ketikan anda lelah atau mengantuk. Hal ini tidak hanya berdampak buruk kepada mata saja, tapi kesehatan tubuh anda akan mengurang. Sebaiknya istirahat terlebih dahulu sebelum menggunakan Gadget.

10. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat

Selain dapat mencegah penglihatan memburuk, mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat membuat mata anda menjadi lebih tajam.

Beberapa jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata:

1. Wortel

Wortel sudah kondang disebut sebagai sayuran penjaga kesehatan mata.

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga dan merawat kesehatan mata dari pancaran sinar UV.

3. Bayam

Bukan hanya baik dikonsumsi untuk menambah energi, bayam juga mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan mata.

4. Avokad

Avokad mengandung Lutein. Fungsi dari Lutein adalah untuk mencegah degenerasi mata katarak dan macular.

5. Pisang

Selain kandungan karbohidrat tinggi yang dapat mengenyangkan saat dikonsumsi, pisang juga memiliki peran penting bagi kesehatan mata.

6. Mangga

Buah mangga mengandung vitamin yang sangat tinggi dan sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata.