Cara Membuat Website Dari Awal Untuk Pemula

Jika anda ingin memiliki Website sendiri namun tidak tau langkah-langkah awalnya, maka silakan simak cara membuat website untuk pemula berikut ini.

Cara Membuat Website Dari Awal Untuk Pemula - Prinsh.com

Mempunyai Website sendiri memang menyenangkan. Selain itu, anda juga akan mempunyai kegiatan tersendiri untuk desain web, kelola hosting dan mengembangkan konten website milik sendiri sesuai keinginan.

Dan sebenarnya untuk membuat website dijaman sekarang ini sudah mudah, bahkan tanpa memiliki skill coding pun kamu sudah bisa membuat Website sendiri dengan mendapatkan Hosting dan VPS Murah. Walau pada dasarnya lebih bagus setidaknya memiliki pemahaman dasar-dasar tentang HTML, CSS dan JavaScript.

Contohnya seperti website Prinsh.com ini yang dikelola dan dikembangkan oleh saya sendiri (Nathan Prinsley). Jadi isi website ini pun sesuai keinginan sendiri.

Langkah Mudah Membuat Website Dari Nol

Simak langkah-langkah membuat website berikut ini, bahkan anda juga bisa membuat website dari HP.

1. Tentukan Jenis Website

Ada banyak jenis website, dan langkah pertama ini anda harus menentukan dulu jenis website yang anda inginkan. Beberapa contoh jenis website yang popular:
Platform Website atau yang biasa dikenal dengan CMS (Content Management System) adalah sistem/software yang memungkinkan pengguna untuk mengelola konten website yang diperlukan seperti tulisan, gambar, video, dan lainnya dengan mudah, bahkan tanpa harus coding.

Beberapa CMS yang popular digunakan yaitu Wordpress, Blogger, Joomla, Hugo, Wix, Drupal, dan lainnya.

Dan solusi CMS untuk membuat website gratis tanpa harus coding adalah wordpress. Tapi jika anda masih sangat pemula, maka anda bisa coba menggunakan CMS Blogger dulu, karena Blogger sangat mudah diguanakan.

3. Pilih Hosting Dan Domain Yang Tepat

Selanjutnya, anda perlu menentukan Domain dan hosting yang cocok.

Domain sendiri berarti alamat URL yang digunakan untuk mengakses website anda. Beberapa Ekstensi domain popular yang bisa anda gunakan: .COM, .ID, .MY.ID, .NET, .ORG, .WEB.ID dan sebagainya. 

Namun semua ekstensi domain popular yang saya sebutkan itu berbayar, jika anda ingin yang gratis, silakan baca tutorial Cara Mendapatkan Domain Gratis Selamanya.

Sedangkan untuk hosting adalah server untuk menyimpan file yang akan kita onlinekan di website. Beberapa jenis Web Hosting yang bisa jadi referensi:

  1. Shared Hosting

    Shared Hosting merupakan jenis layanan hosting yang sifatnya paling basic, di mana sebuah account hosting diletakan bersama dengan beberapa account hosting lainnya dalam satu cloud server yang sama.
  2. Wordpress Hosting

    Wordpress Hosting adalah hosting yang dikhususkan untuk CMS Wordpress.
  3. Cloud Hosting

    Cloud Hosting adalah jenis web hosting yang menggunakan resource dari beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load), mempercepat performa, dan memaksimalkan uptime. Cloud hosting menggunakan server virtual untuk menghosting website.
  4. VPS

    VPS (Virtual Private Server) adalah server virtual yang meniru server fisik meskipun dalam kenyataannya server tersebut terbagi antara beberapa user.

4. Pilih CMS Dan Mulai Buat Website

Sebenarnya ada beberapa opsi yang bisa anda gunakan untuk membuat website. Berikut beberapa opsi umum untuk buat website :

  1. CMS/Platform

    Jika anda mencari cara mudah untuk membangun website, bahkan tanpa melakukan coding sama sekali, maka anda bisa memilih opsi ini. anda bisa menggunakan CMS Blogger, Wordpress, Joomla, dan sebagainya
  2. Builder

    Jika anda ingin membuat website yang bisa sesuai dengan ekspektasi, namun tidak memiliki skill coding, maka anda bisa memilh opsi menggunakan tools Website Builder.
  3. Coding Manual

    Namun jika anda memang memiliki skill coding, maka anda bisa memilih opsi ini. atau jika anda seorang Web Developer, maka anda akan bisa membuat website bahkan dengan detail tampilan yang sesuai ekspektasi.
  4. Jasa Membuat Website

    Untuk opsi berikut ini adalah cara termudah membuat website. Ya, anda tinggal menyewa Jasa Membuat Website, dan Website anda akan segera jadi.

5. Optimasikan Website

Jika anda sudah melakukan langkah-langkah diatas mulai dari menentukan jenis website, memilih CMS, domain/hosting, sekarang saatnya untuk mengoptimasi Website agar lebih banyak pengunjung.

Beberapa cara untuk mengoptimasikan Website :

  1. Aktifkan keamanan SSL

    Anda perlu mengaktifkan SSL/TLS demi keamanan situs Anda. SSL akan menerapkan HTTPS pada url situs anda
  2. Pastikan Website Mobile-friendly

    Mobile Friendly adalah sebutan untuk sebuah website yang dapat menyesuaikan bentuk dan pengalaman pengguna dengan jenis perangkat ponsel, seperti halaman-halaman yang ada pada situs ini jika Anda membukanya melalui perangkat ponsel.
  3. Optimalkan Kecepatan Situs

    Kecepatan situs adalah salah satu indikator kinerja website terpenting dalam SEO. anda bisa menggunakan tool Google’s PageSpeed Insights yang dapat memberi tahu anda tentang kecepatan website dan hal-hal yang perlu ditingkatkan.
  4. Optimalkan User Experience

    User Experience adalah mengeksplorasi semua fitur website yang ada, melihat tampilan website-nya, dan melakukan prosedur hingga berhasil transaksi produk/jasa. Oleh karena itu, anda perlu mengoptimalkan bagian ini.
  5. Buat Konten Sesuai dengan Target Audiens

    Isi konten yang berkualitas bersamaan dengan desain web yang responsive memungkinkan Website anda akan menjadi ramai tentunya.
  6. Lakukan Backlink

    Backlink adalah sebuah tautan/link yang mengarah ke website kita. Backlink bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau untuk keperluan optimasi agar website kita lebih populer di mata mesin pencari.
  7. Melakukan Pengujian

    Tahapan terakhir optimasi website adalah melalui pengujian. Pastikan semua fungsi dan tampilan dari setiap halaman website bisa berjalan dengan baik dan lancar. anda bisa melakukan pengujian melalui website GTMetrix.