Inilah Yang Membedakan Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0

Web 1.0, Web 2.0 dan Web 3.0 adalah Website yang memberikan UX (User Experience) yang berbeda beda.

Inilah Yang Membedakan Web 1.0, Web 2.0, dan Web 3.0

Simpelnya, Web 1.0 adalah website yang bisa dikatakan statis, Web 2.0 bisa dikatakan web dinamis, sedangkan Web 3.0 adalah website yang berfokus pada layanan nya dan markup semantik.

Web 1.0

Tahap paling awal dari evolusi World Wide Web disebut sebagai Web 1.0. Halaman web pribadi adalah umum, sebagian besar terdiri dari halaman statis. Simpelnya, semasa Web 1.0, kita hanya mendapati halaman web statis yang dihosting, fungsionalitas nya hanya baca (Read Only) hadir pada tahap ini.

Seperti Google, Yahoo, Internet Explorer di mana Anda hanya mencari informasi yang dianggap statis karena informasi itu umum untuk semua pengguna.

Web 2.0

Di sinilah mulai berubah sedikit, pada tahap ini, kita dapat mengambil bagian di web (seperti Anda memiliki akun Facebook, dan membuat postingan sehingga tampil di web) jadi di sinilah semuanya menjadi dinamis di mana Anda dapat berpartisipasi dengan Web.

Tetapi di sini ada satu masalah dimana semua data Anda disimpan dalam server nya, yang berarti jika server pusat nya error, maka semua data - data anda di server tersebut otomatis tidak bisa di akses. Ini mengingatkan ketika server Facebook bermasalah selama beberapa jam pada tahun 2021, dan semua orang tidak memiliki akses ke Facebook, Instagram, dan WhatsApp

Web 3.0

Sekarang tidak ada perantara yang berarti Anda tidak akan menghadapi error sama sekali. Karena Web 3.0 ini menggunakan teknologi blockchain.

Dimana tidak akan ada server terpusat, sebagai gantinya setiap mesin/node mengambil bagian dalam proses dan jika salah satu nya gagal itu tidak masalah, tidak akan ada masalah sama sekali.

Itulah penjelasan sederhana dari perbedaan antara Web 1.0 vs Web 2.0 vs Web 3.0. Silakan lihat antara ketiga versi Web tersebut secara lebih sederhana nya lagi. 

Table Perbandingan

Web 1.0 Web 2.0 Web 3.0
Hanya-Baca Baca-Tulis Baca-Tulis-Eksekusi
Fokus Perusahaan Fokus Komunitas Fokus Individu
Halaman Utama Blog/Wiki Live Streaming
Owning Content Tempat Sharing Konsolidasi Konten
Forum Web Aplikasi Web Aplikasi Cerdas
Direktori Menandai Tindakan User
Tampilan Halaman Biaya Per Klik Keterlibatan Pengguna
Iklan Banner Iklan Interaktif
Iklan Behavioural
Tribunnews Facebook Google Maps
HTML/Portals
XML / RSS
RDF / RDFS / OWL
Hanya Memungkinkan Penjelajahan Konten. Semuanya Menjadi Online Dan Disimpan Di Server Representasi (KR)
Hanya Web Web Sosial Web Semantik
Jutaan Miliaran Trilion
1990-2000
2000-2010 2010-2020