Lebih Kejam Dark Web Atau Surface Web?

Tanpa disadari, Website Umum yang bisa diakses oleh publik bisa saja lebih kejam daripada Dark Web

Lebih Kejam Dark Web Atau Surface Web?

Mungkin sebagian orang menganggap Dark Web berisi situs web yang berbahaya dan menyeramkan karena banyak juga cerita-cerita menyeramkan tentang Dark Web yang telah menyebar di media.

Sebenarnya pengaruh bahaya atau tidaknya itu bergantung dari pengguna nya saja, selama anda tau menggunakannya dengan baik, itu akan aman-aman saja.

Isi Dark Web tidak selalu tentang hal jahat, dan isi Surface Web juga tidak selalu tentang hal positif.
Contohnya: membuka aib di Internet atau di dalam Surface Web (web umum), apakah termasuk hal positif?

Perbedaan Antara Surface Web & Dark Web

Dark Web vs Surface Web

Singkatnya, Surface Web atau World Wide Web adalah website umum yang bisa di akses oleh publik dengan mudah, sedangkan Dark Web atau web gelap adalah website yang hanya bisa diakses menggunakan jaringan privat dengan identitas anonim.

Table Perbandingan

Surface Web Dark Web
Diindeks Mesin Pencari Tidak Diindeks Mesin Pencari
Browser Biasa TOR (The Onion Router)
Identitas Publik Identitas Privat
.com, .net, .org, .id, dll .onion
Memiliki Batasan Tidak Memiliki Batasan

Lebih Kejam Dark Web Atau Surface Web?

Menurut saya, situs web umum (Surface Web) yang biasa di akses oleh publik itu tidak berbeda jauh, dengan Dark Web, hanya saja di Dark Web lebih bebas dan tidak memiliki banyak batasan seperti Surface Web.

Bahkan bisa saja isi Surface Web atau web yang umum di akses masyarakat/publik itu lebih kejam daripada Dark Web. Kenapa? karena Surface Web bisa di akses dengan mudah oleh publik dan biasanya menjadi sarangnya berita hoax, penipuan, kejahatan, hingga "menjadi tempat orang membuka aib mereka sendiri".

Hal itu membuatnya tidak berbeda jauh dibandingkan Dark Web yang menjadi tempat penjualan obat terlarang, transaksi senjata secara ilegal, penjualan organ tubuh, jasa pembunuh bayaran, penjualan barang hasil curian, dan lainnya.

Jadi keduanya bisa dikatakan sama-sama kejam, tergantung pada situasi.

Kesimpulan

Saya mendapat kesimpulan bahwa Jika sisi gelap Dark Web adalah tempat Kejahatan karena sering terjadi transaksi ilegal, pencurian, penjualan obat terlarang, pembunuh bayaran, dan lainnya,

Maka sisi gelap Surface Web juga sering menjadi tempat penyebaran berita hoax, penipuan, hingga menjadi tempat orang membuka aib mereka sendiri, seperti kasus yang sering viral.

Kalau Menurut anda, lebih kejam Surface Web atau Dark Web?

Baca Juga: Cara Mengakses Dark Web Melalui HP, Dijamin Bisa!