Apa Itu Blog? Pengertian Lengkap Tentang Blog Dan Sejarahnya

Mengenal lebih dalam tentang blog, fungsi blog, jenis-jenis nya hingga sejarah blog.

Pengertian Blog, Blogger, Blogging Serta Fungsi, Kegunaan Dan Sejarah Blog

Pasti anda sudah sering mendengar kata "Blog". Tapi siapa sangka kalo kata Blog itu ternyata hanyalah singkatan dari WebLog atau Website Log.

Yuk Simak penjelasannya!

Apa Itu Blog?

Blog adalah singkatan dari Website Log, yang berarti salah satu kategori Website, yaitu Jurnal Online yang menyimpan berbagai informasi serta menampilkan postingan terbaru atau berita yang didalamnya mengandung artikel, foto, video, link atau iklan. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil user.

Sebagai contoh, blog yang anda baca sekarang www.prinsh.com hanya dikelola oleh satu orang, dan Blog ini termasuk Blog Pribadi tapi topik di blog ini tetap berfokus membahas saeputar teknologi.

Jenis-Jenis Blog

Beberapa jeni blog berikut ini yang perlu anda ketahui.

Blog Pribadi

Blog pribadi adalah blog yang biasanya dibuat untuk keperluan pribadi saja, dimana topik pembahasan blognya bergantung kepada pemilik blog tersebut. Jadi konten blognya bisa saja hanya berfokus kepada satu topik, dan bisa saja topiknya random, itu tergantung dari pemilik blog.

Blog Proffesional

Beda lagi kalo Blog Proffesional, dikhusukan untuk membahas topik yang sudah ditentukan sejak awal. Sehingga memiliki batasan tertentu dalam konten yang dipublikasikan.

Misalnya anda seorang Programmer, maka anda bisa membuat pembahasan ke Blog anda hanya seputar Tutorial atau Info tentang Programmer. Contoh blog proffesional yang bisa anda jadikan sebagai Refrensi adalah petanikode.com, Blog yang diatur oleh satu orang dan topik blognya berfokus pada Pemrograman.

Blog Niche

Blog niche berfokus kepada kata kunci tertentu yang diupayakan untuk masuk ke halaman satu sebuah mesin pencari (Page One). Pembuatan blog jenis ini memiliki pola: riset kata kunci, pembuatan konten, dan optimasi di mesin pencari.

Dari sisi pengunjung, blog niche menggantungkan diri kepada pengunjung yang berasal dari mesin pencari (biasanya Google) sehingga para pemilik blog niche sibuk mencari backlink dari beragam sumber agar blog mereka masuk ke Page One Google untuk kata kunci yang ditargetkannya.

Blog Perusahaan

Sudah banyak juga perusahaan yang membuat blog pada website mereka. Perusahaan menggunakan blog mereka untuk menginformasikan pengumuman penting, memperkenalkan produk atau jasa baru, dan berkomunikasi dengan pelanggan. Oleh karena itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.

Fungsi Blog

Ada banyak alasan mengapa orang atau perusahaan menggunakan blog. Sebagai contoh, anda suka memelihara kucing dan ingin membagikan hobi serta kisah yang dimiliki ke audience di internet. Atau anda sedang mempelajari editing video dan ingin menuliskan hasil serta karya yang anda buat.

Atau mungkin juga anda adalah seorang pebisnis dan ingin menawarkan produk yang dimiliki dengan menuliskannya di blog resmi untuk meningkatkan awareness dari audience yang lebih besar.

Struktur Blog

Struktur blog terdiri atas header yang memiliki menu atau bar navigasi. Bagian konten utama menampilkan postingan blog terbaru atau yang dijadikan sorotan (highlight). Ada juga sidebar yang memunculkan profil media sosial author dan postingan terpopuler.

Yang terakhir, footer memuat informasi, seperti tentang blogpeta situs, kebijakan privasi, disclaimer, dan informasi kontak. Setiap aspek yang ada pada struktur berperan sangat penting dalam memudahkan para pengunjung situs untuk melakukan navigasi dan mencari konten.

Blogging Adalah

Blogging adalah aktifitas seseorang yang sedang menulis artikel di blog dengan memanfaatkan tool digital yang ada di internet agar seorang blogger bisa menulis, membagikan, serta menautkan konten dengan mudah.

Blogger Adalah

Blogger adalah seorang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke audience secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari teknologi hingga politik.

Sejarah Blog

Berbicara tentang sejarah blog tidak bisa lepas dari istilah weblog. 'Weblog' merupakan istilah yang diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Beberapa tahun kemudian, penyebutan 'blog' semakin sering terdengar. Konsepnya sendiri ternyata sudah berumur lebih dari dua dekade, yang kalau dalam ukuran internet bisa dianggap jutaan tahun.

Blogging mulai muncul di permukaan pada awal milenia kedua. Contoh blog dan blogging memberi dampak yang cukup signifikan terlihat pada tahun 2002, tahun yang penting dalam sejarah blog. Karena blog masih baru.

Tahun berikutnya WordPress muncul, menawarkan segala kemudahan bagi orang-orang yang tertarik untuk membuat blog. Website blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian 'warga internet'. Pemilik situs blog, seperti ProBlogger.net dan JohnChow.com, menjadikan blognya sebagai 'mesin pencetak uang' karena bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam hal beriklan).

Dua situs blog ini bahkan menjadi contoh bagaimana anda pun bisa memperoleh penghasilan dengan blogging. Hal lain yang tidak bisa lepas dari ingatan mengenai sejarah blog adalah ketika Google akhirnya membeli blogger.com.