Forum Hacker Jual Beli Data Ilegal Ditutup, Pendirinya Ditangkap

RaidForums atau tempat hacker menjual data penduduk yang bocor kini sudah disita.

Forum Hacker Jual Beli Data Ilegal Ditutup, Pendirinya Ditangkap

RaidForums atau yang dikenal sebagai forum tempat Hacker menjual data penduduk hasil retasan kini sudah disita. Server serta 3 domain (raidforums.com, rf.ws, raid.lol) ditutup dan pendirinya Diogo Santos Coelho berusia 21 Tahun tertangkap.

Berdiri sejak 2016 saat Coelho berusia 15 Tahun, Forum hacker ini juga berdampak fatal terhadap Indonesia, karena sudah puluhan hingga ratusan juta data penduduk indonesia bocor ke RaidForums.

Kominfo berinisiatif memblokir aksesnya untuk pengguna internet Indonesia setelah kabar kebocoran data warga Indonesia bertubi-tubi muncul di RaidForums. Namun begitu, situsweb tersebut masih bisa diterobos dengan jaringan virtual pribadi (VPN).

Dilansir Reuters, berdasarkan keterangan Departemen Kehakiman AS, Coelho adalah anak muda berusia 21 tahun. Ditangkap pada 31 Januari, dia sedang dalam proses ekstradisi untuk diadili di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Virginia.

Identitas Diogo Santos Coelho

Hudson Rock, sebuah perusahaan pemantau kejahatan dunia maya, menggambarkan RaidForums sebagai “forum kejahatan dunia maya global paling penting yang pernah ada dalam beberapa tahun terakhir”.

Operasi penegakan hukum terhadap RaidForums dijalankan oleh otoritas gabungan, yakni Europol, Badan Kejahatan Nasional Inggris (NCA), Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS), dan sejumlah pejabat penegak hukum Portugis, Swedia, serta Rumania. Operasi tersebut dinamai Operasi Tourniquet.

RaidForums Disita

Selain Coelho, dikatakan dua orang yang diduga kaki tangannya juga ditahan. Namun, tidak ada rincian lebih lanjut tentang dua orang lainnya yang ditangkap.

Coelho menghadapi enam dakwaan, yang termasuk dalam jenis konspirasi, penipuan akses perangkat, dan pencurian identitas yang parah. Diduga antara 1 Januari 2015 dan penangkapannya pada Januari 2022, dia mengendalikan dan menjabat sebagai kepala administrator situs tersebut.

Sebelum pengumuman resmi ini, tanda-tanda penyitaan RaidForums telah terlihat oleh peneliti keamanan siber sejak akhir Februari lalu.  Saat itu, forum tersebut tidak dapat diakses. Sempat menampilkan halaman login, tapi pengguna ditolak untuk masuk.